Google
 

Wednesday, May 2, 2007

Sewangi Selebritis Dunia



Pilihan wewangian yang berbeda pada setiap orang, membantu orang lain mendeteksi dan mengingatkan akan seseorang. Ditambah lagi jika wewangian yang digunakan berhubungan dengan ketenaran seorang artis.

Tentu saja menjadi nilai tambah suatu produk parfum, seperti Paris Hilton, J.Lo dan Britney Spears. Nama besar serta kecantikan yang mereka miliki menjadi daya tarik tersendiri dalam bisnis parfum ini. Seolah-olah jika ingin sewangi mereka, gunakanlah parfum produk nama mereka.

Dari segi promosi, parfum dengan brand artis terkenal ini memang mampu bersaing dengan merek parfum yang telah lebih dulu dikenal masyarakat. Sebut saja Bvlgari, Chanel, Nina Richi, Hugo Boss dan berbagai merek parfum terkenal lainnya. Berbagai merek parfum ini sudah dulu hadir dan dikenal banyak penyuka parfum. Meskipun demikian, kehadiran parfum dengan merek selebritis dunia yang baru beberapa tahun ini hadir, ternyata mendapat tempat tersendiri di masyarakat.

”Diakui keartisan mereka mempengaruhi rasa ingin tahu konsumen untuk mencium aroma parfum tersebut,” ujar Ana yang bekerja di Selline collection.

Karena menurut Ana, banyak sekali jenis parfum dengan aroma yang berbeda. ”Semua parfum wangi, tapi masing-masing orang memiliki kesenangan yang berbeda dengan aroma yang diciumnya,” ujarnya. Sebagian pembeli yang datang menurut Ana, ada yang sudah tahu aroma atau merek parfum apa yang diinginkannya. Tapi ada juga konsumennya yang ingin mencoba aroma parfum lainnya. Sebagian konsumen yang ingin mencoba aroma lain biasanya akan meminta rekomendasi dari yang menjual, parfum mana yang enak aromanya. Tapi ada juga yang langsung menanyakan beberapa perfum dengan merek yang mereka ketahui dari media, misalnya parfum merek artis yang namanya sudah terkenal.

Diakui Ana, dari segi aroma, parfum yang menggunakan selebritis dunia ini baru hadir 2-3 tahun belakangan ini. Meskipun terbilang baru tapi produk parfum tersebut cukup mendapat perhatian dari konsumen. Tidak hanya mengandalkan nama keartisannya, aroma dari parfum tersebut juga tidak kalah wangi dengan merek yang sudah dulu ada. Aroma dasar dari parfum tersebut juga tidak jauh dari cir khas wanita yang menyukai aroma manis dari buah-buahan atau aroma segar dari bunga, selain itu juga aroma bedak yang juga menjadi ciri khas parfum wanita.

”Mungkin kalau parfum baru menggunakan merek lain, meskipun wangi, keinginan orang untuk mencoba agak kurang, karena bagi yang sudah tahu lebih tertarik dengan parfum yang sudah ada namanya. Itulah kelebihannya parfum yang menggunakan merek nama artis, meskipun baru hadir, peminatnya cukup banyak,” tutur Ana.

Sesuai dengan nama mereka yang digunakan, biasanya image artis wanita yang melekat pada parfum tersebut sangat kuat sebagai icon seorang wanita yang seksi. Sehingga ketika ada produk parfum yang dikeluarkan untuk laki-laki, ternyata kurang mendapat respon dari konsumen laki-laki. Salah satu produk terbaru Paris Hilton, perfum untuk pria, tapi sejauh ini respon dari konsumen tidak sebesar parfum untuk wanita.”Kondisi ini berbeda sekali dengan merek parfum seperti Bvlgari, selain digunakan perempuan laki-laki juga banyak menggunakannya,” terang Ana mencontohkan.

Meskipun unggul dengan nama keartisan, menurut Ana, tetap pilihan aroma menjadi keputusan pembeli. ”Biasanya setelah mencoba beberapa jenis parfum, keputusan tetap pada aroma, bukan karena suka atau tidaknya,” katanya.

Rini
Lebih Suka Aroma Paris Hilton

Meskipun tidak memiliki salah satu parfum merek artis, dari aroma beberapa merek parfum yang ia ketahui, Rini lebih menyukai aroma parfum Paris Hilton. ”Saat ini parfum yang saya punya Guess, meskipun tidak punya merek parfum merek artis, saat beli parfum suka nyoba-nyoba aroma parfum lain termasuk beberapa jenis parfum artis, Paris Hilton aromanya enak juga,” ungkapnya.

Hanya saja Rini menyadari parfum juga menunjukan ciri khas seseorang, karena alasan itu juga ia mengaku tidak suka gonta-ganti parfum. ”Kalau nggak tahu parfum yang diinginkan dari awal, bingung juga nyari parfum, rata-rata parfum aromanya enak, jadi mendingan pake parfum yang sudah menjadi ciri khas saya saja,” ungkapnya lagi.

Diana
Parfum Artis, Suka J.Lo

Diana mengaku menyukai parfum yang berbau lembut. ”Saya kurang suka parfum yang baunya menyengat,” ujarnya. Biasanya pilihan parfum yang dicari wanita yang berprofesi sebagai sekretaris ini tidak berdasarkan satu jenis merek parfum saja. ”Saya memiliki beberapa merek parfum, termasuk juga parfum dengan merek artis seperti J.LO, milih J.LO kebetulan ada salah satu jenis parfumn keluaran J.LO yang memang saya suka aromanya, bukan karena ingin seperti J.LO,” ucapnya lagi.

Diakuinya, aroma parfum menjadi identitas seseorang. Meskiun demikian, Diana tidak bisa terpaku hanya menggunakan satu jenis parfum saja. ”Meskipun sebelumnya udah punya merek lain, tapi kalau ada yang aromanya lebih enak, kenapa ngak,” katanya. (dew)


Batam Pos, Sabtu, 14 April 2007

2 comments:

Anonymous said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Parfum Ori
Parfum Bvlgari yang aromanya enak.

----------

Gema Parfum said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Parfum artis terkenal.

----------