Google
 

Wednesday, June 27, 2007

Cerminkan kepribadian dengan wewangian

BIDI, No. 6, Tahun XXVIII, Juni 2006, hal 30
Written by Irfan Arief



Wewangian atau parfum memang memberikan kesan mendalam bagi setiap orang. Aroma dari parfum yang merebak akan selalu diingat oleh orang yang menciumnya. Itu sebabnya banyak yang menganggap bahwa wewangian menjadi sesuatu yang sangat penting, baik bagi pemakai maupun bagi orang lain. Bahkan sebagian ada yang berusaha untuk menyesuaikan wewangian yang digunakan dengan sifat kepribadiannya.

Memilih wewangian yang cocok dengan kepribadian memang tidak terlalu rumit namun tetap harus diperhatikan untuk tidak sembarangan memilih wewangian karena wewangian yang tidak serasi dengan karakter dapat merusak suasana hati. Jaman sekarang wewangian mengandung lebih dari berbagai macam aroma, dan salah satunya pasti terkandung satu jenis aroma yang paling menonjol, inilah yang bisa menjadi panduan untuk anda dalam memilih parfum yang cocok pada diri anda.

Bagi kalangan kreator parfum, mengolah aroma wewangian bagaikan penulis menyusun kisah seputar tema sentral pilihannya. Ada banyak komposisi utama wewangian yang menjadi faktor penentu produk parfum, yakni floral, chypre, oriental, woody, wromatic dan hesperide (maskulin/feminim). Namun tentu ada perbedaan basis formula wewangian bagi parfum perempuan dan lelaki. Komposisi wewangian buat kalangan wanita biasanya lebih menyebarkan keharuman yang kaya dan tahan lama.

Bagi anda yang suka dengan kesegaran apalagi jika setelah selesai mandi, maka wewangian dengan aroma segar sangatlah sesuai untuk anda. Wewangian jenis ini biasanya bahan utamanya terdiri dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, anggur ataupun jenis tanaman hijau seperti rerumputan pinus, cemara. Aroma tumbuh-tumbuhan, terutama aroma segar dari buah dan air ternyata terbukti mampu untuk memberikan kesegaran pada tubuh dan pikiran untuk melakukan aktivitas.

Itu sebabnya tidak heran jika wewangian segar seperti L’Eau d’Issey dari Issy Miyake, Cyberlink dar Avon digemari oleh mereka yang memiliki jiwa sportif. Bahkan wewangian jenis ini biasanya juga dapat menemani aktivitas harian anda, tubuh akan tetap terasa segar dan fresh. Sehingga meski telah banyak peluh/keringat yang keluar dari tubuh anda tetap saja akan merasa ragu untuk berdekatan dengan orang lain.

Bagi anda yang gemar dengan suasana kehangatan namun tetap masih bernuansa menggairahkan, wewangian dengan keharuman oriental yang eksotis ini bisa menjadi pilihan. Aroma yang terkandung dalam wewangian ini umumnya menggunakan ekstrak aroma rempah-rempah misalnya seperti Bvlgari Blu atau jika ingin lebih tajam lagi bisa mencari aroma yang dicampur dengan ekstrak hormon hewan seperti musk, vetiver. Selain aromanya tajam menusuk, kesan dari wewangian oriental seperti Poison dari Christian Dior, All About Eve dari Joop, akan memberikan efek yang sensual dan seksi tentunya.

Jika anda yang memiliki sifat lembut dan bersahaja, wewangian jenis floral rasanya sangat pantas digunakan karena umumnya wewangian ini memiliki aroma berkesan lembut karena panduannya terdiri dari beragam jenis bunga. Dari semua jenis bunga tersebut, biasanya ada satu yang aromanya menonjol semisal mawar, melati, maupun bunga lavender, selain aroma bedak sehingga sangat cocok bagi wanita atau pria yang memiliki jiwa lembut.

Selain memberi rasa menyenangkan, menurut penelitian yang diadakan oleh smell and taste treatment and research foundation di AS manfaat lain dari aroma wewangian jenis floral ini adalah dapat mempercepat kerja otak dalam menyerap informasi, sekaligus melancarkan proses komunikasi. Sehingga alangkah baiknya jika wangi-wangian jenis ini digunakan pada saat hendak menghadiri pertemuan penting atau pembicaraan bisnis.

Daya tarik lain dari keberadaan wewangian, jelas bukan hanya berada di seputar pesta dan kencan bercinta. Sebab dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang aromakologi Dr. Shizuo Torii, seorang profesor dari Universitas Toho, Jepang, ia memulai riset itu pada tahun 1988 dan meneliti tentang bagaimana pengaruh aroma pada jiwa manusia. Hasilnya Tori menemukan ada hubungan antara reaksi otak manusia pada berbagai sensasi komposisi wewangian. Aroma ternyata bisa memberikan dampak rasa senang dan kegembiraan yang begitu besar, bahkan dalam beberapa kasus wewangian juga bisa berpengaruh sampai kepada suasana hati manusia.

No comments: