Google
 

Wednesday, June 27, 2007

Kiat Memilih Parfum




Sejak kecil kita sudah mengenal berbagai parfum mulai dari wewangian sabun hingga aroma alamiah yang dikeluarkan tubuh. Kehidupan rutin pun diawali, shampoo serta handuk yang serba harum, menekankan arti wewangian bagi tubuh dan orang di sekitar kita. Pilihan wewangian yang berbeda pada setiap orang, membantu orang lain mengindentifikasikan kawan atau pasangannya.

Tak mengherankan kalau pandangan terhadap wewangian sangat sensitif, karena aroma pilihan mencerminkan kepribadian pemakaiannya. Kini saatnya mengetahui lebih banyak hal wewangian untuk menentukan parfum yang sesuai citarasa dan kepribadian.

Parfum digolongkan berdasarkan kadar sari wewangian dan kadar alkohol sebagai campurannya. Kadar tertinggi terdapat pada parfum, karena essensnya mencapai 20 %, asli tanpa campuran alkohol.

..... Eau de Perfume ..... Setingkat di bawah parfum yang mempunyai kadar essens 15 % dan sedikit dicampur alkohol. Keistimewaannya, aroma wewangiannya tahan lama dan kuat lebih sesuai digunakan pada malam hari.

..... Eau de Toilette ..... Jenis wewangian lain yang kadar essensnya hanya berkisar 12 % dan sebaliknya kadar alkoholnya lebih tinggi. Wewangian ini merupakan pilihan yang paling ideal, karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam serta awet, cocok untuk setiap kesempatan.

..... Eau de Cologne ..... Jenis wewangian paling standar dan ringan meliputi aneka toilet waters termasuk tisu penyegar dan sebagainya, yang menonjolkan kesegaran alami. Hampir seluruhnya mengandung alkohol dan diberi sedikit essens. Jenis ringan ini digunakan pada saat selesai mandi, untuk melembutkan kulit serta menyegarkan tubuh.

Aroma wewangian diciptakan sangat beragam, dari yang berkesan lembut hingga yang sportif atau kuat. Dimulai dari aroma bunga asli, seperti bunga melati atau bunga mawar yang sengaja dibuat sesuai kualitas aslinya.

Wewangian dari rangkuman bunga ditujukan untuk mereka yang menyenangi berbagai jenis bunga. Tipe wewangian ini sangat sesuai bagi wanita yang feminim dan anggun. Wewangian alami yang beraroma campuran daun dan buah-buahan, terkesan lembut dan segar, sangat sesuai bagi kaum wanita yang aktif.

Ada juga wewangian dari campuran rempah-rempah, seperti vanilli, cengkeh, kayu manis dan sebagainya. Aromanya khas karena zat yang dihasilkan sangat kuat. Biasanya ditujukan untuk kaum pria, walau kini kaum wanita pun mulai menggemari, terutama yang ingin tampil sportif.

Jenis wewagian oriental dibuat dari lemak hewan, seperti kelenjar rusa jantan atau musang. Sifatnya tergolong berat karena kualitas zat yang dihasilkan bau yang sangat kuat dan tahan lama. Biasanya digunakan wanita yang menginginkan kesan misterius.

Kiat Memilih Parfum

Aroma parfum wanita biasanya tidak sekuat parfum lelaki, karena produksi keringat pada lelaki lebih banyak. Menggunakan parfum tergantung dari pilihan (yang cocok untuk dibaurkan dengan bau badan) tetapi terutama yang sesuai dengan kepribadian pemakainya, serta dari dosis pemakaiannya.

Parfum yang sama baunya tidak sama jika dipakai oleh dua wanita. Memakai parfum berlebihan akan memberikan efek kurang nyaman bagi orang lain (pemakainya sendiri tidak mencium efek tersebut).

Dibawah ini terdapat jenis parfum yang dicocokkan dengan kepribadian pemakainya:

..... Wanita Sportif. Wanita aktif, jujur, berpendirian teguh, sering kurang sabar. Jenis ini meliputi wanita segala umur. Karena gemar di alam bebas, pewangi yang cocok adalah yang berbau tumbuh-tumbuhan liar dan terbuat dari tanaman-tanaman pewangi ringan.

..... Wanita Periang / Gesit. Suka berada di mana-mana, jenis yang menarik, mudah menaruh minat pada sesuatu tetapi mudah pula mengubah pendiriannya, mudah menangkap sesuatu, tidak anti rayuan, lelaki mudah memanfaatkan, kurang setia. Perkiraan tabiat ini seperti dimaksud umumnya berlaku untuk usia antara 20 - 45 tahun.

Mereka mempunyai gagasan-gagasan modern dan kreatif, progresif, cepat bertindak. Mereka suka pewangi yang tidak biasa dan tidak kolot, tetapi tidak berat.

..... Wanita Romantis. Pemikirannya sederhana dan tak berbelit-belit. Kesederhanaan merupakan daya tariknya. Ia termasuk wanita yang polos. Mereka senang pewangi yang jelas berbau bunga yang mempunyai arti romantis, seperti: mawar, melati, lily.

..... Wanita Pintar. Berpendirian praktis, ingin segala sesuatu harus tepat, bersifat agak pendiam, setia, dapat memegang teguh rahasia, bersedia memberikan nasehat. Dalam jenis ini termasuk wanita yang cukup dewasa dalam pemikiran. Mereka menggunakan pewangi sederhana yang memberi kesan dingin dan mempesona, tetapi berkesan agak sportif.

..... Wanita Dewasa. Wanita jenis ini biasanya berusia sekitar 30 tahun ke atas. Dalam pergaulan sangat menjaga penampilan. Mereka cocok dengan parfum yang exotis dengan keharuman wangi-wangian dari negara tropis atau berhawa panas.

No comments: