Google
 

Wednesday, June 27, 2007

Minyak Cinta: Menggugah Gairah..!

Kompas, Februari 2003,


Malam temaram, hanya cahaya lilin yang berpendar di sudut ruangan. Sayup-sayup tercium aroma wangi menyegarkan membangkitkan gairah. Penghuni ruangan itu seakan dibawa melayang mengarungi lautan bunga. Romantis. Suasana seperti yang sering tergambar dalam film roman itu, bukan mimpi. Anda pun dapat menciptakannya. Di rumah…


Kalau sudah bicara soal romantis sebagai orang dewasa pasti ujung-ujungnya tidak jauh dengan cinta, khususnya hubungan suami-istri. Hubungan intim itu pun erat kaitannya dengan hasrat seksual. Sementara, gairah seksual itu sendiri berhubungan erat dengan kondisi kesehatan. Dalam keadaan sehat secara fisiologis, tubuh mengalami tingkat keseimbangan sempurna. Semua sistem bekerja secara sadar dan energi beredar dengan bebas.

Sayang bin celaka, tubuh sulit dijamin selalu tetap sip dan prima. Selain gangguan fisik, terkadang ada saja problem psikis yang mnejadi biang kerok anjloknya kondisi kesehatan tubuh.

Omong-omong soal esek-esek, umumnya pria memandang aktivitas seksual lebih dari sisi pendekatan ragawi, sehingga hasrat seksualnya relatif lebih mudah bergelora. Sebaliknya, wanita memandangnya dari sisi lebih unik, karena melibatkan berbagai pendekatan perasaan, faktor psikologis, latar belakang intelektual, dan situasi lingkungan yang mendukung. Dengan kata lain, rata-rata perempuan lebih lambat "greng" ketimbang lelaki.

Untuk mempertahankan kehidupan seksual yang harmonis, tingkat libido wanita rupanya lebih menentukan. Artinya, kehidupan seksual yang harmonis lebih mudah dicapai apabila tingkat libido wanita lebih tinggi, atau setidaknya sama dengan suami. Namun, yang sering terjadi, kondisi libido wanita jauh lebih rendah. Buntutnya, tidak jarang suami terpaksa harus selalu menahan diri dari dorongan hasrat seksualnya demi menjaga perasaan istri.

Supaya derajat libido setidaknya sama kuat, ada jalur alternatif bagi wanita atau istri untuk mengobarkan "semangat ’45-nya" sehingga "pertempuran suci" itu berlangsung dengan sukses. Jalur alternatif itu ialah aromaterapi. Dalam kancah terapi alternatif menggunakan aroma diketahui, sejumlah tanaman mengandung minyak atsiri (essential oil) yang berguna sebagai bahan untuk terapi meningkatkan hasrat seksual. Tambahan lagi, tumbuhan tertentu diyakini memberikan ketenangan pikiran lewat minyak atsiri yang dihasilkan.

Sejak zaman nenek moyang
  • Kalau melanglang kembali ke masa lampau, sebenarnya nenek moyang kita sudah memanfaatkan aroma dari berbagai jenis tumbuhan. Tanaman rempah, misalnya digunakan untuk sesaji atau sembahyang.
Sampai kini pun sebagian dari kita –meski tak menyebutnya sebagai aromaterapi- kerap menggunakan minyak, semisal minyak kayu putih, gandapura, serai, pala dan cengkih untuk berbagai keperluan. Sudah lama pula berlangsung tradisi menaburkan kembang mawar dan melati di kamar tidur pengantin untuk menciptakan sensasi tertentu di malam pertama.

Aromaterapi yang kita kenal sekarang ini pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebiasaan nenek moyang kita dulu. Misalnya, bunga-bunga tertentu ditaruh dalam wadah di atas meja atau sudut-sudut ruangan untuk menciptakan suasana santai. Dupa atau lilin yang dibakar mengepulkan asap membawa aroma tertentu untuk menciptakan ketenangan pikiran dan perasaan nyaman. Melalui aroma minyak atsiri tertentu suasana romantis dan sensual pun bisa dihadirkan.

Dalam aromaterapi dikenal sejumlah minyak atsiri dari bunga atau tanaman yang bersifat afrodisiak, pembangkit hasrat seksual. Yang lazim digunakan antara lain: minyak cendana, kenanga, nilam, mawar, yasmin, dan jeruk.

Cara pemakaiannya pun bermacam-macam. Dioleskan pada bagian tubuh tertentu, diteteskan pada kertas tisu, dibalurkan di tubuh, dibakar, atau diminum (air serai, kapulaga, kayumanis, jahe). Minyak yang digunakan bisa dalam bentuk tunggal atau ramuan, dan dapat dibeli di toko essence atau rumah spa modern. Kalau tidak mau repot, tindakan aromaterapi dapat dilakukan di rumah spa yang menawarkan jasa aromaterapi.

Resep-resep alternatif
  • Banyak jenis ramuan yang ditawarkan. "Misalnya, Aromatic Love Oil," kata Hj. Woro Harry S, konsultan aromatik pada Martha Tilaar Center, di Jakata.
"Tapi, minyak macam ini, jangan dipakai di mobil, tahu sendiri akibanya," canda wanita yang sudah 15 tahun menekuni bidang perawatan kecantikan tradisional itu.

Kalau mau meramu sendiri, Anda bisa mengikuti resep ramuan yang ditawarkan Andria Agusta melalui bukunya "Aromaterapi, Cara Sehat dengan Wewangian Alami"

Resep pertama:
  • 3 tetes minyak yasmin (melati), 9 tetes minyak jeruk purut, 1 tetes minyak biji wortel
Resep Kedua:
  • 3 tetes minyak mawar, 4 tetes sandalwood (minyak cendana), 6 tetes minyak jeruk mandarin.
Kedua formula itu diencerkan masing-masing dengan sekitar 20 ml air, lalu diaduk, kemudian dibalurkan ke tubuh. Kalau cara ini merepotkan, bisa dicoba resep berikut yang yang lebih pekat.

Resep Ketiga:
  • 12 tetes minyak cendana, 6 tetes minyak kenanga, 4 tetes minyak clary sage, 2 tetes minyak mawar. Campurkan formula ini dengan 4 sendok makan minyak safflower, minyak sweet almond, atu minyak wijen hangat kemudian diaduk rata. Oleskan sedikit saja ke tubuh. Tapi, jangan pada bagian wajah atau alat vital karena akan menimbulkan rasa panas yang dapat mengakibatkan iritasi.
Resep Keempat:
  • Resep ini mungkin lebih praktis dan sederhana: 4 tetes minyak nilam, dicampur dengan 4 tetes minyak kenanga. Teteskan ramuan itu langsung ke tisu. "Biarkan aromanya memenuhi ruangan selama sekitar satu jam. Hal ini dapat dilakukan sambil mendengarkan musik romantis, dan Anda maupun pasangan akan merasakan efek memuaskan," tulis Andria Agusta.
Hj. Woro Harry S. menyarankan agar minyak atsiri digunakan pada saat yang tepat. Artinya, jangan menggunakannya ketika tubuh sedang kotor dan lelah. "Oleskan sesudah mandi, sehingga akan meresap dengan baik. Sebelum tidur, saat badan sudah bersih, oleskan minyak atsiri untuk menambah kesegaran tubuh," tambahnya.

Ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak esensial. Mengingat konsentrasi-nya yang sangat tinggi, perhatikan kemungkinan adanya kontra-indikasi terhadap diri Anda. Karena itu pula, minyak ini harus selalu dilarutkan dengan cairan pembawa (biasanya minyak nabati), sebelum digunakan atau dioleskan pada kulit, kecuali kaki. Pengenceran ini, tulis Andria Agusta, sangat dianjurkan bagi para pemula dan ibu hamil, terhadap kulit halus dan sensitif dan daerah sensitif lain seperti wajah atau leher. Juga terhadap minyak atsiri yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Mirip hormon cinta
  • Berbau khas, minyak atsiri mudah menguap pada suhu kamar, tanpa mengalami penguraian. Makanya, ia sering disebut minyak menguap atau volatile oil. Ada juga yang menyebutnya etherial oil atau essential oil.
Dalam "Farmakope Indonesia", buku rujukan di bidang farmasi, minyak ini dikenal sebagai olea volatilia.

Umumnya, minyak atsiri tidak berwarna atau berwarna pucat ketika dalam keadaan segar. Jika dibiarkan, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap dan berbau sesuai dengan bau tanaman penghasilnya. Ia dapat larut dalam pelarut organik. Tetapi sukar larut dalam air.

Menurut sifat fisik dan kimianya, minyak atsiri dapat dibuat dengan cara penyulingan, ekstraksi dengan pelarut mudah menguap, atau dengan lemak padat, dan ekspresi. Proses pembuatannya pun bervariasi, tergantung pada jenis tumbuhan yang hendak diambil minyak atsirinya.

Untuk mendapatkan minyak ini, digunakan simplisia (bagian tumbuhan yang diambil manfaatnya) yang memenuhi syarat seperti tertera dalam buku "Farmakope Indonesia" atau "Materia Medika Indonesia". Simplisia dikecilkan volumenya dengan cara dipotong-potong, digiling kasar, atau digerus halus, tergantung jenis simplisia yang digunakan. Ini untuk mempermudah uap air menembus ke dalam sel tubuh.

Daun, bunga dan simplisia tipis biasanya dibiarkan utuh. Biji digiling kasar, sedangkan kayu, akar, dan bagian tanaman yang keras digerus halus, tergantung jenis simplisia yang digunakan. Ini untuk mempermudah uap air menembus ke dalam sel tubuh.

Daun, bunga, dan simplisia tipis biasanya dibiarkan utuh. Biji digiling kasar, sedangkan kayu, akar dan bagian tanaman yang keras digerus halus lebih dulu. Tanaman tertentu, seprti nilam, sebelum diproses perlu difermentasikan untuk mmecahkan sel-sel minyak.

Memang pada tumbuhan asalnya, minyak atsiri terkandung dalam sel-sel kelenjar minyak khusus. Kelenjar itu berupa sel-sel minyak atau rambut kelenjar yang hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Namun, baunya cukup bisa dikenali lewat indera penciuman tanpa bantuan alat khusus.

Sifat dan peran minyak atsiri pada tumbuhan mirip hormon pada manusia yang disebut feromon. Hormon "cinta" ini bersifat memberikan aroma spesifik pada tubuh da berfungsi sebagai daya tarik seksual.

Menembus otak
  • Lantas bagaimana ceriteranya aroma minyak atsiri dapat membangkitkan gairah seksual?
Aroma khasnya diterima dan ditafsirkan simpul-simpul saraf penghidu (pada indera penciuman) dalam berbagai tingkat dan kondisi. Kesan bau itu diolah di pusat penciuman, dipilah-pilah jenisnya, lalu dikirim ke tempat-tempat yang spesifik. Rangsangan aroma itu akan dikirim ke pusat pengendali hormon pada hipotalamus di otak.

Melalui mekanisme kompleks yang berlangsung secepat kilat, rangsangan itu akan bergabung dengan sejumlah rangsangan lain –dari pusat emosi, pusat psikis, pusat interpretasi, dsb, - yang datang secara bersamaan. Gabungan semua rangsangan itu akan menghasilkan rangsangan baru berupa perintah agar hormon tertentu diproduksi lebih banyak daripada kondisi normal. Pertambahan jumlah atau kadar hormon tertentu dalam tubuh akan mempengaruhi intensitas semangat, libido, dan mood.

Tentu saja, proses itu saling berkaitan dengan jenis wewangian yang tercium, selera seseorang terhadap wewangian, mood dan situasi psikologis seseorang saat itu.

Minyak atsiri, kata Hj. Worro Harry S., berbeda dengan parfum yang hanya berupa fragrant. Manfaatnya sebagai pewangi bukan sarana pengobatan. Sifatnya pun sintetis, dan biang pada minyak wangi umumnya masih dicampur dengan alkohol.

Sedangkan minyak atsiri murni hasil ekstraksi yang benar-benar alami. Diambil dari bunga, batang, daun-daunan atau bagian tumbuhan lain.

Kebanyakan minyak wangi yang menggunakan bahan kimia sintetis berharga lebih murah ketimbang minyak atsiri. Karena itu, berhati-hatilah bila hendak membeli, sebab minyak atsiri yang biasa dijual di toko essence ada juga yang terbuat dari bahan sintetis, hasil reaksi kimia. Memang, hanya perusahaan tertentu yang memproduksi bibit minyak atsiri alami. Selamat mencoba!

(Herti Maryani, Puslitbang Pelayanan dan Teknologi Kesehatan, di Surabaya/Beatricia Iswari S/Intisari No 475/Februari 2003)

8 comments:

Moss said...

Peluang usaha parfum refill, mau tahu caranya ?

Buat kamu yang penasaran bagaimana memulai usaha parfum refill, jangan
kuatir modalnya kecil kok, plus kamu bisa tahu cara meracik, fungsi
bahan-bahan yang dipakai dalam usaha ini, dll.

Pokonya klik aja www.bibitparfum.com

===========================================================================================
Cara agar dapat penghasilan tambahan sambil main internet ternyata
mudah !
Free Money Team Site URL: http://www.freemoneyteam.com/?8075
Free Money Program List URL: http://www.freemoneyteam.com/p.cgi/8075/
* Hello semuanya! Saya baru saja menemukan tempat membuat wesite
hosting gratis, plus disitu kalau kamu daftar bisa jadiin hobi kamu
pakai internet juga menghasilkan tambahan uang, caranya klik dan daftar di
http://www.000webhost.com/28892.html terus join program affiliate
Fasilitas webiste hosting gratis ini diantaranya :
- 250 MB of Disk Space
- 100 GB Bandwidth
- Your own domain hosting
- cPanel Control panel
- Over 500 website templates ready for download
- Free POP3 Email Box and Webmail access
- FTP and Web based File Manager
- PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby.
- No Ads at all !

Anonymous said...

I absolutely love your site.. Great colors &
theme. Did you build this amazing site yourself? Please
reply back as I'm attempting to create my very own site and want to find out where you got this from or just what the theme is named. Thank you!

Here is my web page :: cedar financial binary

Anonymous said...

Good information. Lucky me I came across your site by chance (stumbleupon).
I've bookmarked it for later!

My weblog :: "cedar finance"

Anonymous said...

Excellent post. I am facing many of these issues
as well..

my homepage :: cedar finance.com

Anonymous said...

What i do not understood is actually how you're no longer actually a lot more well-liked than you may be now. You're very
intelligent. You already know thus considerably in relation to this subject, produced me in my
opinion imagine it from so many various angles. Its like women and
men don't seem to be interested unless it's one thing to accomplish with Woman gaga!
Your own stuffs outstanding. All the time maintain it up!


My homepage - Cedar Financial Binary

Anonymous said...

I all the time emailed this webpage post page to all my friends, as if
like to read it after that my links will too.

Feel free to visit my blog post - cedarfinance

Anonymous said...

For most up-to-date news you have to pay a quick visit world-wide-web and on world-wide-web I found this website as a most excellent web site for newest
updates.

Also visit my web blog http://www.youtube.com/watch?v=jLuC1nG5cPk

Anonymous said...

Hey! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when browsing from my iphone4. I'm trying to find a theme or plugin that might be able
to correct this problem. If you have any suggestions, please share.
Cheers!

Feel free to surf to my web page ... easy Ways To make money online