Google
 

Friday, June 8, 2007

Gerai Minyak Wangi yang Andalkan Lokasi

Sinar Harapan



JAKARTA – C&F Perfumery membuka gerai terbarunya Jumat lalu (21/3). Gerai ke-11 di dalam kawasan berbelanja baru Senayan Trade Center (STC) Jalan Asia Afrika, Jakarta. C&F Perfumery di bawah naungan PT Izone Indonusa berdiri sejak tahun 1992. Ini adalah gerai yang menjual produk-produk minyak wangi.

Kuantitas minyak wangi paling mendominasi sementara ini. Dan sedang dikembangkan pula penjualan produk-produk lain. Semacam make-up, rambut dan perlengkapannya, perawatan kulit serta tubuh dan perlengkapan kecantikan lainnya.


Konsentrasi pada kuantitas minyak wangi pun diimbangi kualitas. Ada beberapa produk minyak wangi terkenal di dunia hanya bisa ditemukan di sana untuk kawasan Indonesia. Dalam bersaing di pasar dengan para pelaku bisnis serupa, salah satu strategi yang digunakan oleh C&F Perfumery adalah menjual barang-barang yang terjamin keasliannya. Itu dengan harga yang bersaing serta wajar.


Melihat perkembangan yang terjadi, ada beberapa strategi dan konsep tersendiri dalam mengembangkan usaha tersebut. C& F sendiri yaitu singkatan dari kata Cosmetic and Fragrance. Itu yang utama.


”Namun sebenarnya C&F sendiri bisa berarti banyak,” ujar Winny Wahju General Manager PT Izone Indonusa. Semua konsep bisnis perusahaan dituliskan dengan awalan atau prefiks C dan F. Misalnya, C&F menjual produk-produk lengkap untuk segala acara baik casual maupun formal. Lalu contoh lain, produk C&F juga memiliki konsep complete & full range, compliment & fulfillment serta current & future. Artinya C&F menyanggupi pengadaan secara lengkap, baik untuk komplimen maupun untuk pemenuhan seluruh kebutuhan dan juga untuk menyediakan tuntutan masa kini bahkan siap untuk menghadapi tren di masa mendatang.


Itu hanya beberapa singkatan saja yang diambil. Pasalnya, masih banyak lagi kata-kata lain yang berawalan huruf C dan F. Antara lain menyangkut customer oriented & fresh feature, choice & freedom, comfort & flexibility. Selain itu pula ada counsel & finesse, congenial & friendly dan tentunya pula untuk celebration & fiesta. Kesemuanya mencerminkan pelaksanaan dari usaha tersebut.


Secara keseluruhan itulah konsep C&F Perfumery yang tengah dijalankan selama ini. Semua ini bertujuan bahwa setiap pelayanan yang diberikan adalah untuk membantu pelanggan mencapai tujuannya dalam berbelanja. Dan untuk itu, produk-produk yang disediakan pun banyak. Sehingga keleluasaan dalam memilih pun semakin besar. Belum lagi pelayanan para pramuniaganya yang sudah disiapkan untuk memberikan konsultasi yang benar dan jujur.


Lokasi Toko

Di Jakarta sendiri sudah tersebar tujuh gerai termasuk di lokasi STC. Ada dua gerai di Kota Bandung dan tiga gerai lain di Surabaya. Di Jakarta sendiri lokasi penjualan pada titik-titik yang mudah dijangkau. Ini pun merupakan salah satu upaya strategi bisnis C&F Perfumery. Seperti yang selalu disebut-sebut dalam ilmu marketing bahwa lokasi adalah sangat penting.


Tampaknya, inilah yang dipakai oleh pihak manajemen PT Izone Indonusa. Bagaimana tidak, kesebelas lokasi C&F semuanya terdapat dalam departement store terkemuka di kota besar dan mal-mal ternama. Di Jakarta sendiri letak C&F ada di Plaza Senayan, Kelapa Gading Mal, Mal Taman Anggrek, dan Mal Ambassador. Lalu di kawasan jalan protokol pun ada. Ini tepatnya ada di dalam Lotus Dept. Store di lantai dasar Djakarta Theatre. Lalu gerai yang baru dibuka yaitu persis di sebelah Plaza Senayan, Senayan Trade Center.


Sementara untuk kawasan Kota Bandung, gerai C&F terdapat di dalam Istana Plaza dan Bandung Supermal. Selain itu Surabaya pun dianggap besar tuntutan pasarnya untuk produk ini. Oleh karenanya, C&F Perfumery pun tersedia di tiga tempat. Antara lain yaitu Tunjungan Plaza 3 dan 4 serta ada pula di Galaxy Mal.


Kemudian juga letak gerai di dalam mal biasanya mudah dijangkau pengunjung. Misal, seperti cabang Plaza Senayan letaknya ada di lantai satu dekat dengan tangga jalan. Mau tidak mau setiap pengunjung pun yang melewati tangga jalan tersebut pasti akan dengan mudah mengarahkan pandangan ke C&F Perfumery.


Pastinya, bisnis ini berkembang sampai ke kota-kota besar lain karena ada pangsa pasar yang dinilai baik di lokasi-lokasi tersebut. ”Karena kita melihat potensi yang besar dari daerah-daerah itu,” ujar Winny ketika ditemui SH. Meningkatnya potensi pasar menurut Winny, karena parfum dan kosmetik adalah jenis produk yang berhubungan dengan gaya hidup. Seiring dengan perubahan zaman, gaya hidup ini seolah-olah sudah beralih posisinya menjadi suatu kebutuhan dalam hidup. ”Contohnya, sekarang ini orang yang muda-muda kelihatannya kalau tidak pakai minyak wangi bisa nggak pede juga,” imbuhnya.


Varian Produk dan Harga

Menurut Winny, minyak wangi yang tersedia di beberapa C&F jumlahnya mencapai dua sampai tiga ratusan. Pasalnya, dari seorang desainer saja kemungkinan ada tiga atau empat jenis bahkan lebih. Setiap desainer pastinya mengeluarkan aroma kekhasan masing-masing. Ada yang beraroma kayu-kayuan, rempah, buah, bunga, vanila bahkan teh.


C&F juga dipercayakan oleh beberapa merek minyak wangi terkenal dunia sebagai distributor eksklusif. Maksudnya, produk tersebut hanya bisa ditemukan di gerai-gerai C&F di Indonesia. Ini misalnya berlaku pada produk-produk bermerek Solo White, Aqua Di Aqua Homme dan Blumarine II. Dan sekarang pendatang barunya yaitu FUBU untuk laki-laki dan perempuan. Kemasan merek ini pun luar biasa uniknya. Warna emas dan perak membedakan siapa pemakainya.


Kehadiran FUBU ini juga adalah sebuah perwujudan konsep bisnis C&F. Maksudnya, setiap bulan pasti ada produk baru yang diluncurkan di C&F. Hal ini adalah untuk mengundang daya beli. Tentunya, pengunjung pun senang tatkala bertandang ke toko selalu saja ada produk-produk baru yang ditawarkan.


Belum lagi harga di C&F mampu bersaing dengan harga dari pelaku bisnis serupa di pasaran. ”Harga kami bersaing dengan harga produk lainnya di dept.store,”ujar Winny. Tidak diragukan, dengan menerapkan beberapa konsep penting penjualan, jika sebuah toko minyak wangi memiliki varian produk yang banyak dengan pelayanan pramuniaga yang knowledgeable terhadap produk sekaligus harga bisa lebih rendah daripada toko lain, konsumen pun akan menjadi lebih sering berkunjung!

(SH/sally piri)

2 comments:

Anonymous said...

cabang hampir semua "major cities" , sayang nggak punya website "alias gaptek" , apalagi online selling!! something very wrong. expose ur product more to your local market.

Anonymous said...

major location??? kayaknya di stc senayan, lotus dan plaza senayan sudah tutup dech...
apa jangan2 udah mo bangkrut nich???
jangan jual nama aja donk, jangan2 C&F = Corrupt & Fraud???